sesungguhnya baik dan rusaknya badan itu mengikuti baik dan rusaknya hati karena hati adalah tempat mulainya gerakan-gerakan badan dan kehendak-kehendak jiwa. kehendak yang baik timbul karena hati selamat dari penyakit-penyakit batin, seperti hasud, kikir, dengki, dan sombong.sebaliknya , kehendak yang rusak timbul karena hati tidak selamat dari hal-hal tersebut. dalam gerakan badan, hati seperti seorang raja dan jasadnya (anggota-anggotanya) seperti rakyat. tidak di ragukan lagi, rakyat itu baik jika rajanya baik, dan rakyat akan rusak jika rajanya rusak. begitu pula, hati itu seperti mata air dan jasadnya seperti sawah/ladang. jika airnya tawar, maka tawarlah tumbuh-tumbuhannya, dan jika airnya asin, maka asinlah tumbuhannya.
sesungguhnya,hati nabi saw, pernah di belah oleh malaikat jibril as dan di keluarkan dari tempatnya.ternyata hati itu berupa segumpal darah yang hitam. jibril mengatakan bahwa itu adalah bagian (tempat setan.setelah di keluarkan, hati nabipun kemudian dibersihkan.oleh karena itu hati nabi saw adalah hati yang baik dan istimewa.
ada sebagian ulama menerangkan 7 cara membersihkan hati dari segala penyakit hati yang pasti di miliki oleh manusia pada umumnya yaitu:
1. membaca al-qur'an serta mentadaburi isi dari kandungannya al-qur'an
2. mengosongkan perut, banyak berpuasa
3. sholat malam /sholat tahajud
4. merendahkan hati sambil berdoa pada waktu sahur
5. duduk bersama orang-orang saleh
6. banyak berdzikir baik dzikir lisan dan utamanya dzikir hati(dzikir khofi)
7. meninggalkan perkara subhat dan berpindah pada perkara yang halal.
sesungguhnya,amal hati lebih utama dari pada amal badan dan amal badan itu tidak akan baik kecuali hatinya baik dan ikhlas.
sumber http://petualang-web.blogspot.com/2012/05/kebaikan-dan-kejelekan-bersumber-dari.html#ixzz2Git4MSPd